City Atasi Napoli 2-1

Sicbo88 - Manchester City mengatasi perlawanan Napoli di matchday 3 Liga Champions. The Citizens menang tipis 2-1 untuk melanjutkan start sempurna mereka di kompetisi Eropa musim ini.

City tampil sangat baik pada babak pertama laga di Etihad Stadium. Dua peluang pertama mereka berbuah dua gol lewat kaki Raheem Sterling pada menit kesembilan dan Gabriel Jesus pada menit ke-13. Sementara itu, hadiah penalti untuk Napoli gagal dimaksimalkan oleh Dries Mertens. Hingga turun minum, City masih memimpin 2-0.

Namun, situasi berbeda terjadi di babak kedua. Napoli lebih gencar menyerang, sedangkan City menurun. Namun, Napoli cuma bisa mencetak satu gol balasan melalui penalti Amadou Diawara pada menit ke-73.

Dengan hasil ini, City memantapkan posisinya di puncak klasemen Grup F dengan perolehan sembilan poin dari tiga laga. Napoli duduk di posisi ketiga dengan tiga poin.


Jalannya Pertandingan

City memulai pertandingan dengan baik. Mereka sukses memaksimalkan peluang pertamanya menjadi gol pada menit kesembilan. Umpan silang David Silva dari sisi kiri gagal dituntaskan oleh Kyle Walker, tapi Sterling berada di posisi yang tepat untuk menyambar bola liar. Tembakan kaki kiri Sterling merobek gawang Napoli dan membawa City memimpin 1-0.

Hanya berselang empat menit, peluang kedua yang didapat City juga berujung gol lewat kaki Gabriel Jesus. Barisan belakang Napoli gagal menyapu umpan silang mendatar Kevin De Bruyne dari sisi kanan dan Gabriel Jesus dengan mudah mencocor bola dari jarak dekat. City unggul 2-0.

City nyaris unggul 3-0 pada menit ke-25. Tembakan De Bruyne dari depan kotak penalti tak bisa dijangkau Pepe Reina, tapi bola cuma mengenai sisi dalam mistar, memantul ke tanah, dan kemudian kembali ke area permainan.

City kembali mengancam gawang Napoli tiga menit kemudian. Bola tembakan Gabriel Jesus ditepis Reina dan bergulir menuju gawang, tapi masih ada Kalidou Koulibaly yang berdiri di garis gawang dan mencegah terjadinya gol.

Taktik high pressing yang diterapkan City benar-benar membuat Napoli kesulitan mengembangkan permainan. City begitu dominan, sementara Napoli tak mendapatkan satu peluang pun selama 30 menit pertama.

Napoli baru bisa melepaskan tembakan ke gawang City pada menit ke-38, itu pun lewat tendangan penalti. Penalti itu diberikan wasit menyusul pelanggaran Walker terhadap Raul Albiol. Mertens maju sebagai eksekutor, tapi tembakannya ke arah tengah bawah dimentahkan oleh Ederson dengan kaki. Sebuah peluang emas yang terbuang sia-sia.

Mertens mencoba untuk menebus kesalahannya beberapa saat kemudian. Pemain asal Belgia itu melepaskan tembakan jarak jauh, tapi bola mengarah tepat ke pelukan Ederson.

Di menit-menit akhir babak pertama, Gabriel Jesus mendapatkan peluang emas untuk menambah gol City. Tapi, tembakan jarak dekatnya bisa diantisipasi Reina. City masih unggul 2-0 saat turun minum.

Napoli mencoba menekan City pada menit-menit awal babak kedua, tapi kesulitan menciptakan peluang bersih. Sementara itu, City terlihat menurun dan tak segarang di babak pertama ketika menyerang.

Bek City, John Stones, membuat penyelamatan gemilang pada menit ke-65. Stones menjatuhkan diri untuk membendung tembakan Marek Hamsik. Saat itu, gawang City tak terjaga karena Ederson sudah terlanjur keluar dari sarangnya.

Napoli kembali mendapatkan hadiah penalti pada menit ke-73. Pelanggaran Fernandinho terhadap Faouzi Ghoulam memaksa wasit menunjuk titik putih. Kali ini Diawara yang menjadi eksekutor dan sukses menaklukkan Ederson. Napoli kini tertinggal 1-2.

Dua menit kemudian, Gabriel Jesus menjebol gawang Napoli setelah mendapatkan umpan dari De Bruyne. Tapi, golnya dianulir wasit karena dia telah terjebak offside.

De Bruyne punya kesempatan untuk menjauhkan City dari kejaran Napoli. Namun, tendangan bebasnya pada menit ke-80 bisa dibaca dengan baik oleh Reina. 

Tak berselang lama, serangan balik Napoli membahayakan gawang City. Sial buat tim tamu, tembakan Mertens masih melenceng.

Peluang City lewat Ilkay Guendogan pada menit ke-89 juga tak berbuah gol. Tembakannya dimentahkan oleh Reina dengan relatif mudah.

Di sisa waktu, City mampu mempertahankan keunggulan mereka dan meraih tiga poin dari pertandingan ini.